Selasa, 17 April 2012

Karimunjawa - Galau Sama Hiu





Biodatanya....

Karimunjawa. Kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.
Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimujawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak "kremun-kremun" (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak"kremun-kremun" maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.

Bagaimana Caranya Kesana?

Dari Jakarta, bisa meluncur langsung ke Terminal Kampung Rambutan atau Terminal Lebak Bulus. Nah banyak tuh bus - bus antar kota yang menuju langsung ke Jepara. Harga tiket sekitar Rp250.000-an/orang. 

Kalo temen - temen berangkat dari Jogjakarta, bisa tuh naek travel atau bus umum ke arah Semarang atau Jepara. 2 kota ini memiliki dermaga penyebrangan yang langsung menuju ke Karimunjawa.

Kalo yang dari Jepara. Temen-temen ke Pelabuhan Kartini Jepara dulu untuk ke Karimunjawa dengan menggunakan kapal Feri KMP Muria. Dengan memakan waktu perjalanan sekitar 6 jam. Harga tiketnya Rp 90.000,- Infonya bisa temen-temen dapatkan di Kartika Travel (0274-559595). 

Nah..untuk temen-temen yang berangkat dari Semarang. Ada 2 jalur yang bisa di tempuh. Lewat darat dan lewat laut. Kalo lewat darat, bisa menggunakan jasa travel atau bus umum dengan waktu tempuh 3-4 jam. Kalo melalui laut, bisa menggunakan Kapal Cepat KMC Kartini. Infonya bisa hubungi 024-7605660.


Tidurnya Gmana?


Temen-temen bisa langsung menuju penginapan/ homestay yang ada di Karimunjawa. Dengan tarif Rp200.000 - Rp350.000/malam. Kalo mau hemat, bisa patungan sama rombongan temen-temen. Yah hitung-hitung sekitar Rp50.000/orang. Dengan estimasi perginya 10-12 orang. 

Mau Ngapain Di Karimunjawa?

Snorkeling
Keindahan terumbu karang serta ikan berwarna warni di dalam laut akan menjadi daya tarik untuk snorkeling sama temen-temen nih. Air laut di Karimunjawa sangat bening dan jernih loh. Alat snorkeling disewakan mulai Rp35.00 per hari. Bisa juga tuh temen-temen nyewa kapal nelayan. Siapin ajah lembaran uang dengan total sekitar Rp 350.000 per kapal perhari. Dengan kapasitas 1 kapal 15 orang termasuk ABK kapal.

Glass Bottom Boat
Kalo temen-temen gak mau/suka snorkeling, tapi tetep pengen ngeliat terumbu karang yang ciamik di Karimunjawa. Temen-temen bisa nikmatin fasilitas yang namanya Glass Bottom Boat. Caranya? sewa kapal/ perahu kaca. Perahu kaca adalah sebuah perahu yang memiliki lantai/dasar dari bahan kaca tembus pandang, sehingga temen-temen bisa menikmati terumbu karang dari atas kapal. Harganya mulai dari Rp 350.000, tergantung jarak tempuh lokasi.



Galau Sama Hiu

Yang punya dosa berlebih, harap-harap cemas yah. (ngikik!). Gak afdol kayaknya kalo ke Karimunjawa, tapi temen-temen gak "maen" sama hiu. Yup! Hiu-hiu ini di tempatkan di satu tempat khusus gitu. Nah, temen-temen yang punya nyali segede gaban, boleh tuh langsung nyemplung bareng sama hiu-hiunya. Buat yang galau, di larang keras maen sama hiu. Takutnya itu hiu juga lagi galau. XD

Diving
Buat yang mau diving, Karimunjawa punya spot-spot diving asli (bukan buatan) yang sangat sayang untuk dilewatkan. Bagi pemula (ehem!), bisa memanfaatkan jasa pemandu sorak....(kemudian hening lama sekali), maksudnya jasa pemandu untuk ngajarin temen-temen diving yang baik dan aman. Rp150.000 - Rp200.000 per hari untuk maksimal 2 orang per pemandu diving. Satu set alat selam di sewakan dgn harga Rp280.000 dengan 1 tabung oksigen. Oh iya...temen-temen wajib untuk bisa berenang yah! (kalo berenang di hatimu...gmana kakak...?). 

Tips
  1. Bawa baju secukupnya. Kalo temen-temen pergi 3D 4N, yah jangan bawa baju 1 lemari.
  2. Bawa kamera underwater. Abadikanlah pemandangan bawah laut yang menakjubkan.
  3. Uang. Buat apaan? Buat bungkus kerang! Yah buat beli makananlah!
  4. SunBlock alias lotion tabir surya bahasa ilmiahnya. 
  5. Kamera biasa buat poto-poto. Sebagai bukti temen-temen udah ke Karimunjawa. (Admin mah belom pernah......)
  6. Obat-obatan pribadi. Yang punya sakit hati (patah hati), bawa gebetan! (looooh??!!)
  7. Alas kaki yang multifungsi. Maksudnya bisa di gunakan di segala kondisi.

Ok! Kapan nih kita eksplore bareng Karimunjawa? :)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar